Widget HTML Atas

Tips Mengatasi Whatsapp Supaya Tidak Memakan Ruang Penyimpan Terlalu Banyak


Di zaman modern ini banyak ilmu pengetahuan yang sangat berkembang pesat. Salah satunya nya adalah perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang sekarang ini tidak lepas dari kehidupan kita yaitu handphone. Soalnya handphone atau smartphone ini sudah menjadi barang yang harus ada dalam kehidupan sehari hari.

Sekarang ini banyak aplikasi yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari hari. Ya salah satu nya aplikasi chatting yaitu whatsapp. Whatsapp banyak di gemari oleh pengguna nya karena mudah dan banyak fiturnya.

Salah satu fitur dari whatsapp adalah bisa mengirim pesan teks, tidak hanya bisa mengirimkan teks saja whatsapp ini juga memiliki fitur bisa mengirim video, mengirim foto atau gambar, mengirim suara, melakukan panggilan suara, panggilan video, kalian juga bisa melihat status yang teman kalian unggah dan bahkan bisa mengirim dokumen. Whatsapp juga bisa berinteraksi melalui grup sehingga memudahkan kalian dalam mengirim pesan kepada teman kelas atau keluarga.

Namun di balik kemudahan saat menggunakan fitur dari whatsapp ini. Penyimpanan di smartphone kalian lama kelamaan akan penuh. Ruang penyimpanan penuh ini bukan di akibat kan karena pesan yang kalian kirim melainkan dikarenakan file media berupa foto, video, dan hingga GIF.

Kali ini saya akan membahas ada beberapa cara mengatasi aplikasi whatsapp supaya tidak memakan ruang penyimpanan yang sangat banyak di smartphone kalian. Berikut ini adalah beberapa caranya.

Cara Mengatasi Whatsapp Supaya Tidak Memakan Ruang Penyimpan Terlalu Banyak

1. Hapus Chat Yang Berukuran Besar

Cara yang pertama adalah hapus chat yang berukuran besar mungkin kalian sering mengirimkan pesan kepada teman maupun keluarga pesan tersebut memiliki ukuran file yang berbeda beda sesuai dengan seberapa sering kalian mengirimkan chat tersebut dan seberapa banyak file media yang whatsapp kalian terima.

Kalian bisa memilih pesan yang berukuran besar dan terlalu banyak supaya ruang penyimpanan menjadi lebih kosong atau lega lagi. Caranya, kalian klik pengaturan atau setelan di whatsapp pilih penyimpanan dan data kalau sudah di klik pilih kelola penyimpanan kemudian pilih file chat yang mau di bersihkan kalian juga bisa mencentang semua file yang akan di hapus dengan menekan kotak di pojok atas.


2. Cegah Semua Kiriman File Yang Masuk Otomatis

Cara berikutnya adalah dengan menghentikan atau cegah file yang masuk secara otomatis. Cara nya kalian masuk ke whatsapp lalu pilih pengaturan atau setelan pilih chat di menu setelan lalu non aktifkan tampilkan media. Dengan menonaktifkan tampilkan media yang kalian terima tidak akan masuk secara otomatis masuk ke galeri kalian.


3. Kurangi Membuka Status Whatsapp

Cara selanjutnya kurangi membuka status whatsapp teman dengan membuka status whatsapp ini akan tersimpan di memori internal namun akan lenyap dalam 24 jam

Setelah terunduh di whatsapp kalian. Kalau kalian ingin menghapus nya kalian pergi ke penyimpanan internal lalu pilih whatsapp kalau sudah kalian cari file media kalau sudah ketemu silahkan klik dan cari mana file yang kalian ingin hapus apakah foto, video, atau gif dan stiker.


4. Aktifkan Backup Google Drive

Cara berikutnya adalah backup google drive caranya yaitu kalian pergi ke setelan whatsapp lalu pilih menu chat kalau sudah di klik kalian cari cadangan chat lalu cadangkan kalian harus mengisi email untuk menyimpan backup file dan chat.

Whatsapp merupakan aplikasi yang memiliki banyak fitur yang keren. Namun di samping keren nya fitur fitur tersebut akan memakan banyak ruang penyimpanan smartphone kita maka dari itu saya memberikan beberapa trik supaya ruang penyimpanan smartphone tidak memakan banyak ruang. Kalau kalian mempunyai cara lain silahkan bagikan melalui komentar di bawah ini. Sampai di sini dulu pemabahasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba saya ucapkan banyak terima kasih telah membaca artikel ini.

Tidak ada komentar untuk "Tips Mengatasi Whatsapp Supaya Tidak Memakan Ruang Penyimpan Terlalu Banyak"